| JudulPROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SEGITIGA BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIS KELAS VII SMP NEGERI 1 PALU |
| Nama: NURUL HUDA |
| Tahun: 2017 |
| Abstrak Nurulhuda. 2017. Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Segitiga Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematis Kelas VII SMP Negeri 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marinus Barra Tandiayuk dan Pembimbing (II) Linawati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah segitiga berdasarkan kemampuan (kategori tinggi sedang, dan rendah) matematis siswa SMP Negeri 1 Palu, sehingga penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif berpikir kreatif, dengan indikator yaitu keterampilan berpikir lancar, keterampilan berpikir orisinal dan keterampilan berpikir terperinci. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Palu yang berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi.Prosedur penelitian ini terdiri atas 4 tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, analisis data dan penyusunan laporan. Instrumen penelitian ini terdiri atas instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu soal tes kemampuan matematika dan masalah bangun datar segitiga. Hasil penelitian yang diperoleh menujukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi semua indikator keterampilan berpikir kreatif (berpikir lancar, berpikir orisinal dan berpikir terperinci), siswa dengan kemampuan sedang mampu memenuhi dua indikator keterampilan berpikir kreatif ( berpikir orisinal dan berpikir terperinci), dan siswa degan kemampuan rendah mampu memenuhi satu indikator keterampilan berpikir kreatif (berpikir terperinci) dalam menyelesaikan masalah bangun datar segitiga. Kata kunci : Profil Berpikir Kreatif, Bangun Datar Segitiga, Kemampuan Matematis |