Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 1 TORUE PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Nama: KADEK SAVITRI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Kadek Savitri, 2019.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Torue pada Materi Persamaan Kuadrat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Muh Rizal, M.Si dan Pembimbing (II) Dra. Linawati, M.Si. Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Torue pada materi persamaan kuadrat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi tersebut, diantaranya bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam memahamkan konsep persamaan kuadrat kepada siswa. Kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran, siswa pasif jarang mengajukan pertanyaan atau tidak dapat mengungkapkan mengenai yang dihadapi pada guru, siswa sering lupa terhadap materi yang diberikan sebelumnya, siswa hanya bisa mengerjakan soal yang sama persis dengan contoh yang diberikan oleh guru, dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Persamaan Kuadrat di Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Torue. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Torue pada materi persamaan kuadrat mengalami peningkatan, yaitu hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik sedangkan pada siklus II hasil observasi aktivitas guru maupun siswa berada pada kategori sangat baik. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal adalah 47,2% sedangkan siklus II persentase ketuntasan klasikal adalah 77,27 %. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan senilai di kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Torue dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: (1) Orientasi siswa pada masalah, (2) Mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Persamaan Kuadrat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up