Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LAYANG-LAYANG DI KELAS VIIA SMP NEGERI 17 PALU
Nama: Nur'fiani Asmawi
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nur’fiani Asmawi, 2018. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Daerah Layang-layang Di Kelas VIIA SMP Negeri 17 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Tegoeh S Karniman (II) Marinus B.Tandiayuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah layang-layang di kelas VIIA SMP Negeri 17 palu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Palu yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Jumlah subjek penelitian ini adalah 28 siswa dan terpilih 3 siswa sebagai informan. Pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa dari hasil observasi guru dan siswa pada silkus I pada kategori baik dengan persentase aktivitas guru 81,25?n aktivitas siswa 74,43% sedangkan hasil obervasi guru dan siswa pada siklus II pada kategori sangat baik dengan persentase aktivitas guru 95,32?n aktivitas siswa 92,18% selain itu penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa tidak lagi mengalami kesulitan pada materi keliling dan luas daerah layang-layang di tandai dengan siswa mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan menentukan keliling dan luas daerah layang-layang dengan baik berdasarkan indikator pembelajaran pada siklus I dan siklus II. sehingga hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 17 palu mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat di simpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah layang-layang di kelas VIIA SMP Negeri 17 palu melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) perumusan masalah, (2) pemrosesan data dan penyusunan konjektur, (3) pemeriksaan konjektur, (4) verbalisasi konjektur, dan (5) umpan balik. Kata kunci: metode penemuan terbimbing, hasil belajar, keliling dan luas daerah layang-layang.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up