Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUANTERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI ATR 1 SMK NEGERI 1 SOJOL
Nama: HARIANI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Hariani. 2019. Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Turunan Fungsi Aljabar I kelas XI ATR 1 SMK Negeri 1 Sojol. Skripsi. Program studi pendidikan matematika, jurusan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas tadulako. Pembimbing (I) Sudarman Bennu (II) Abd. Hamid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI ATR 1 SMK Negeri 1 Sojol. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain PTK model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes akhir tindakan siklus I, dari 18 orang yang mengikuti tes terdapat 14 orang yang tuntas. Dan pada hasil tes akhir tindakan siklus II, dari 18 orang yang mengikuti tes terdapat 16 orang yang tuntas dan 2 orang siswa yang tidak tuntas. Observasi aktivitas guru pada siklus I berkategori baik dengan total skor 66, dan pada siklus II berkategori sangat baik dengan total skor 80. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berkategori cukup dengan total skor 60, dan pada siklus II berkategori baik dengan total skor 73. Maka dapat disimpulkan penerapan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI ATR 1 SMK Negeri 1 sojol melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) perumusan masalah, guru merumuskan masalah bagaimana menemukan aturan turunan fungsi aljabar, (2) pemprosesan data dan penyusunan konjektur, siswa mengerjakan LKS secara berkelompok serta menyusun konjektur dari LKS yang dikerjakan, (3) pemeriksaan konjektur, guru memeriksa hasil konjektur siswa dan memberikan alasan terhadap konjektur siswa yang melakukan kesalahan, (4) verbalisasi konjektur, siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelompok yang lain, dan (5) umpan balik, guru memberikan soal latihan kepada siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Turunan Fungsi Aljabar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up