Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOMPOSISI DUA FUNGSI DI KELAS X IPA 5 SMA NEGERI 7 PALU
Nama: INARYO M. JAAFAR
Tahun: 2019
Abstrak
Inaryo M. Jaafar, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi komposisi dua fungsi di Kelas X IPA 5 SMA Negeri 7 Palu. Hasil Penelitian, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Baharuddin , (II) Muh. Rizal. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi komposisi dua fungsi hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami konsep dalam menentukan komposisi dua fungsi, sehingga siswa mudah lupa dengan rumus menentukan komposisi dua fungsi. Selain itu, kurangnya pemahaman siswa pada materi prasyarat dari materi komposisi dua fungsi, yaitu materi tentang aljabar fungsi, serta sebagian besar siswa kurang aktif selama mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dapat meningkatkan hasil belajarar siswa pada materi komposisi dua fungsi di kelas X IPA 5 SMA Negeri 7 Palu tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 33 orang siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 19 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data Hasil penelitian menunjukan pada tes akhir siklus I terdapat 15 siswa tuntas dan 17 siswa tidak tuntas berikut ketuntasan belajar klasikal mencapai 46,87%, Sedangkan pada siklus II terdapat 26 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas berikut ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerepan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 7 Palu pada materi komposisi dua fungsi, dengan tahapannya yaitu (1) pendahuluan, (2) think, (3) pair, (3) share, dan (5) penghargaan. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar, Komposisi Dua Fungsi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up