Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII D SMP IT QURROTA A`YUN PALU
Nama: ISNAENI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Isnaeni, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di Kelas VIII D SMP IT Qurrota A`yun Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Anggraini (2) Linawati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkakan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VIII D SMPIT Qurrota A`yun Palu. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan MC. Taggart, yaitu: 1) perencanaa, 2) pelaksanaan dan observasi, 3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ialah siswa kelas VIII D SMPIT Qurrota A`yun Palu pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 21 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data hasil aktivitas siswa dan guru, hasil wawancara, data hasil catatan lapangan, data hasil tes awal dan tes akhir tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VIII D SMPIT Qurrota A`yun Palu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) Penomoran berdasarkan kemampuan akademik serta nomor kepala yang berbentuk pin, 2) Mengajukan pertanyaan/permasalahan melalui LKS, 3) Berfikir bersama dalam menyelesaikan soal yang diberikan, dan 4) menjawab/evaluasi dengan maju mengerjakan soal di depan kelas.Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yakni 60?ngan nilai rata-rata 74,45 sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan, dengan persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 83,3?ngan nilai rata-rata yaitu 80,33. Selain itu, hasil pengamatan aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran pada siklus I berada pada kategori baik dan untuk siklus II berada pada kategori sangat baik. Adapun hasil pengamatan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada siklus I berada pada kategori sangat baik, begitu pula pada siklus II berada dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, Operasi Hitung Bentuk Aljabar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up