Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIC PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 18 PALU
Nama: Yuspan
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Yuspan, 2019. Penerapan Pendekatan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIc pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di SMP Negeri 18 Palu. Skripsi, Program studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sukayasa, Pembimbing (II) Abd. Hamid Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi tentang penerapan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIc pada materi operasi hitung bentuk aljabar di SMP Negeri 18 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIc SMP Negeri 18 Palu, dengan jumlah siswa 28 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VIIc SMP Negeri 18 Palu dengan mengikuti tahap-tahap pembelajaran: 1) Persiapan, yaitu kegiatan yang mengarahkan siswa agar siap belajar, dan pengelompokkan siswa kedalam 5 kelompok dengan masing-masing kelompok terdapat satu orang tutor sebaya, menjelaskan peran tutor sebaya, menyampaikan apersepsi, memotivasi siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran, 2) pelaksanaan, yaitu kegiatan yang meliputi penjelasan secara klasikal tentang materi yang diajarkan, pengerjaan LKS oleh siswa, melaporkan hasil LKS secara tertulis dan mempresentasikan LKS, 3) Evaluasi, yaitu kegiatan akhir untuk mengukur kemampuan dan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari meliputi pemberian tes individu (kecuali tutor), mengumpulkan hasil tes individu dan membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. Kata Kunci : Pendekatan Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Operasi hitung bentuk aljabar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up