Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas VII A MTs Alkhairaat M
Nama: FEVI ANDRAYANA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Fevi Andrayana, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Garis Bilangan untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII A MTs Alkhairaat Maleni. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh. Hasbi, (II) Muh. Rizal. Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas VII A MTs Alkhairaat Maleni pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada materi tersebut, diantaranya bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam memahamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Kesulitan ini disebabkan oleh partisipasi siswa dalam pembelajaran sangat kurang, hal ini terlihat dari tanggapan siswa ketika ditanya sangat rendah, mereka hanya pasif menerima apa yang dijelaskan oleh guru, malu untuk ditanya dan tidak mau bertanya tentang kesulitan yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan penurangan bilangan bulat siswa kelas VII A MTs Alkhairaat Maleni. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di MTs Alkhairaat Maleni. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Alkhairaat Maleni yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, data aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, data hasil tes awal dan data hasil tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A MTs Alkhairaat Maleni pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, dengan tahapan yaitu : 1) penyampaian tujuan pembelajaran dan pemberian motivasi siswa, 2) penyajian informasi, 3) penomoran (numbering) dan 4) pemberian pertanyaan (questioning). Kata Kunci : NHT, Hasil belajar, Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, Bilangan bulat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up