JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Apel SMP Negeri 4 Palu Pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Balok Dan Kubus |
Nama: NI KETUT TRI ANDANI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Ni Ketut Tri Andani, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Apel SMP Negeri 4 Palu pada Materi Luas Permukaan serta Volume Balok dan Kubus. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abd. Hamid, Pembimbing (II) I Nyoman Murdiana Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Apel SMP Negeri 4 Palu pada materi luas permukaan serta volume balok dan kubus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang dilakukan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Apel SMP Negeri 4 Palu berjumlah 29 0rang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran Kooperatif tipe STAD, yakni: (1) penyajian kelas, (2) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar,(3) membimbing siswa belajar dan bekerja, (4) tes individual, dan (5) pemberian penghargaan. Hasil penelitian: (1) tes akhir tindakan pada siklus I mencapai 75?n pada siklus II mencapai82,61%,(2) hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 78,64?ngan kriteria baik dan pada siklus II mencapai 84,61?ngan kriteria sangat baik. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 76,92?ngan kriteria baik, dan pada siklus 2 mencapai 81,54?ngan kriteria baik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Alat Peraga, Hasil Belajar, Luas Permukaan Balok dan Kubus, Volume Balok dan Kubus. |