JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII KHANTI SMP KARUNA DIPA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL |
Nama: VASSITA RATANI ATTHACARIYA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Vassita Ratani Atthacariya, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Khanti SMP Karuna Dipa Pada Materi Aritmetika Sosial. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Ibnu Hadjar dan Pembimbing II Muh. Hasbi. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi Aritmetika Sosial di SMP Karuna Dipa Palu. Hal ini disebabkan siswa masih kurangnya motivasi, perhatian, dan keterlibatan dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa tidak mau bertanya hal yang belum dimengerti dan tidak mau mengemukakan pendapat saat proses pembelajaran. Sikap pasif inilah yang menjadikan salah satu faktor timbulnya kesulitan-kesuliatan siswa dalam memahai materi yang diajarkan. Siswa pun masih kesulitan dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan aritmetika sosial sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam proses pembelajaran. Pada model ini siswa menempati posisi sangat dominan dalam proses pembelajaran dan terjadi kerja sama dalam kelompok dengan ciri utamanya adalah pemberian nomor yang berbeda pada setiap anggota dalam kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Khanti SMP Karuna Dipa pada materi aritmetika sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dan data hasil belajar siswa. Pada tes akhir siklus I terdapat 4 siswa tuntas sehingga persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 20?n 16 siswa tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II terdapat 16 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus II adalah 84,21%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dan indikator kebehasilan tindakan telah tercapai. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Khanti SMP Karuna Dipa pada materi aritmetika sosial dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: fase menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, fase menyajikan informasi, fase penomoran, fase mengajukan pertanyaan/permasalahan, fase berpikir bersama, fase menjawab, fase memberikan penghargaan. Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT, Hasil Belajar, Aritmetika Sosial. |