JudulProfil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Tipe Kepribadian Rasional Ditinjau Dari Perbedaan Gender |
Nama: HARDIANTI HARIS |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Hardianti Haris, 2019. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Tipe Kepribadian Rasional Ditinjau dari Perbedaan Gender. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sukayasa, (II) Abd. Hamid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa SMP tipe kepribadian rasional ditinjau dari perbedaan gender berdasarkan tahap-tahap pemecahan masalah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki kelas VIII SMP IT Al-Fahmi Palu yang memiliki tipe kepribadian rasional. Hasil penelitian ini adalah 1) subjek perempuan kepribadian rasional pada tahap memahami masalah, subjek memaknai kalimat dengan cepat dan lancar menceritakan masalah dengan bahasanya sendiri, menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan benar melalui identifikasi kalimat pertanyaan dan pernyataan pada masalah. Tahap menyusun rencana pemecahan masalah, subjek menggunakan semua informasi yang diperoleh dari masalah, menentukan keterkaitan antara apa yang diketahui dan ditanyakan dari masalah serta menentukan rumus dan langkah penyelesaian masalah secara tepat dan sistematis. Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek menyelesaikan masalah sesuai rencana yang disusun secara sistematis, proses konsep dan perhitungan dilakukan dengan teliti sehingga memperoleh jawaban yang tepat. Tahap memeriksa kembali, subjek melakukan pengecekan setiap langkah dan perhitungan secara keseluruhan dan teliti, meyakini jawaban yang diperoleh benar karena langkah yang digunakan sudah tepat. 2) subjek laki-laki kepribadian rasional pada tahap memahami masalah, subjek menceritakan kembali masalah dengan bahasanya sendiri setelah membaca masalah secara berulang, menentukan informasi yang ditanyakan dengan benar melalui identifikasi kalimat pertanyaan dan informasi yang diketahui dari identifikasi kalimat pernyataan pada masalah, akan tetapi subjek kurang tepat menentukan semua informasi yang diketahui dengan benar. Tahap menyusun rencana pemecahan masalah, subjek menggunakan semua informasi yang diperoleh dari masalah, menentukan keterkaitan antara apa yang diketahui dan ditanyakan dari masalah serta menentukan rumus dan langkah penyelesaian masalah secara sistematis namun terdapat langkah yang kurang tepat. Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek menyelesaikan masalah sesuai rencana yang disusun secara sistematis, setiap langkah dan perhitungan dilakukan dengan baik, akan tetapi terdapat langkah penyelesaian yang direncanakan kurang tepat sehingga jawaban yang diperoleh salah. Tahap memeriksa kembali, subjek melakukan pengecekan perhitungan namun tidak mengecek langkah penyelesaian secara keseluruhan dan teliti, tidak menemukan adanya kekeliruan dalam menggunakan langkah penyelesaian, meyakini jawaban yang diperoleh benar akan tetapi jawaban yang diperoleh salah. Kata kunci: Profil Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial, Kepribadian Rasional, Gender |