Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII B SMP NEGERI 12 PALU
Nama: LUKY YORDAN FERNANDO PUTRA
Tahun: 2016
Abstrak
Luky Yordan Fernando Putra, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VII B SMP Negeri 12 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sukayasa dan Pembimbing (II) Muh. Hasbi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas VII B SMP Negeri 12 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data hasil aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi, data hasil wawancara dengan beberapa siswa yang dijadikan sebagai informan, data hasil catatan lapangan dan data hasil tes akhir tindakan. Penelitian dikatakan berhasil jika aktivitas guru ketika mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa ketika mengikuti pembelajaran berada pada kategori baik atau sangat baik, hasil belajar siswa pada tes akhir tindakan telah memenuhi indikator keberhasilan pada siklus I dan siklus II, memenuhi KKM yang ditetapkan di SMP Negeri 12 Palu yaitu lebih dari atau sama dengan 75, dan persentase ketuntasan klasikal mencapai lebih dari atau sama dengan 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas VII B SMP Negeri 12 Palu yaitu dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: (1) fase penyampaian tujuan dan pemotivasian siswa. (2) fase penyajian informasi. (3) fase pengorganisasian kelompok belajar dan penomoran. (4) fase pengajuan pertanyaan/permasalahan. (5) fase berpikir bersama. (6) fase pemberian jawaban. dan (7) fase pemberian penghargaan Kata Kunci : Numbered Heads Together; Hasil Belajar; Operasi Hitung Bilangan Bulat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up