Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LOGARITMA DI KELAS X MIA SMA S GKST IMANUEL PALU
Nama: RIO RENDI PAMPEY
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Rio Rendi Pampey. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Logaritma di Kelas X MIA SMA S GKST Imanuel Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sukayasa dan Pembimbing (II) Muh. Rizal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Logaritma di kelas X MIA SMA S GKST Imanuel Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis & Mc Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data hasil aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi, data hasil wawancara dengan beberapa siswa yang dijadikan sebagai informan, dan data hasil tes akhir tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi logaritma mengikuti fase-fase, yaitu (1) pengelompokkan, (2) perencanaan, (3) penyelidikan, (4) pengorganisasian, (5) presentasi, dan (6) evaluasi. Pada fase 1, peneliti menyajikan informasi dan menuliskan materi logaritma kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk memilih sub topik serta membagi siswa ke dalam beberapa kelompok secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang disesuaikan dengan pilihan sub topik; pada fase 2, peneliti menjelaskan kepada siswa tentang maksud pembelajaran dan tugas apa saja yang mereka lakukan dalam kelompok masing-masing serta membagi LKPD kepada masing-masing kelompok; pada fase 3, peneliti mengarahkan masing-masing kelompok untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengevaluasi informasi, membuat kesimpulan dan mengaplikasikan tugasnya; pada fase 4, peneliti mengajak masing-masing kelompok untuk mempersiapkan tugas akhir yang akan dipresentasikan di depan kelas; pada fase 5, peneliti mengajak siswa untuk menyampaikan hasil diskusi di dalam kelompok kepada kelompok yang lain serta memberikan applause kepada kelompok yang sudah melakukan presentasi dengan baik dan mengumumkan hasil kerja kelompok yang terbaik; dan pada fase 6, peneliti memberikan penjelasan singkat sekaligus bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari serta memberikan evaluasi berupa tes akhir dalam bentuk soal essay. Kata Kunci : Group Investigation; Hasil Belajar; Logaritma.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up