Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas VII A SMP Labschool Palu
Nama: MOH. AGUS
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Moh. Agus, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan pecahan di kelas VII A SMP Labschool Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Tegoeh S.karniman (II) H. M. Nur Yadil Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas VII A SMP Labschool Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Tujuan penelitain ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di Kelas VII A SMP Labschool Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yang dilakukan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, data wawancara dan data hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Labschool Palu yang berjumlah 23 orang siswa dan dipilih 3 orang informan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Labschool Palu dengan mengikuti fase-fase yakni: (1) fase menyampaikan tujuan dan memotivasi, guru menyampaikan tujuan pembelajaran secara lisan dan memotivasi siswa untuk bersemangat dan aktif dalam pembelajaran, (2) fase menyajikan atau menyampaikan informasi, guru menyajikan informasi mengenai materi yang akan diajarkan dengan metode ceramah dan Tanya jawab, (3) fase mengorganisasi siswa kedalam kelompok belajar, guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang heterogen dan membagikan LKS (4) fase membimbing kelompok bekerja dan belajar, guru memberikan bimbingan dan bantuan seperlunya yang sifatnya mengarahkan agar siswa dapat menemukan jawaban dari LKS, (5) fase evaluasi, guru meminta setiap kelompok mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, (6) fase penghargaan kelompok, guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memperoleh predikat baik, hebat, dan super. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatiftipe tipe STAD, Hasil Belajar; Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up