| JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VII A SMP KRISTEN BALA KESELAMATAN PALU |
| Nama: RISKA YUNITA LIA |
| Tahun: 2017 |
| Abstrak Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII A SMP Kristen Bala Keselamatan Palu. Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), mengunakan desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Teggart yang terdiri atas: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan tindakan, dan 4) refleksi tindakan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada tes akhir siklus I terdapat 17 siswa yang tuntas dan 11 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 60,71%. Sedangkan pada siklus II terdapat 22 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 78,57%. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dan indikator keberhasilan tindakan telah tercapai dimana pada siklus I aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada kategori baik serta pada siklus II aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII A SMP Kristen Bala Keselamatan Palu, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe STAD, yakni: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) menyajikan materi operasi hitung bentuk aljabar, (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar, (4) membimbing siswa dalam menyelesaikan LKS, (5) memberikan tes, dan (6) memberikan penghargaan. |