Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN LANGKAH POLYA DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 S
Nama: RISKI A. H. KALEB
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Riski A.H. Kaleb, 2018. Penerapan Langkah Polya dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 30 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Hamid, Pembimbing (II) Sukayasa. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang disebabkan oleh siswa belum tahu menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel menggunakan metode eliminasi, sustitusi, atau campuran dan siswa belum mampu membuat model matematika dari permasalahan yang diberikan serta menyelesaikannya. Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh deskripsi mengenai penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Sigi pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 30 Sigi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, melalui fasefase : 1) mengorientasi siswa pada masalah; 2) mengorganisasikan siswa untuk belajar; 3) membimbing siswa memecahkan masalah; 4) mengembangkan dan mempresentasikan hasil pemecahan masalah; dan 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kata Kunci : Berbasis Masalah; hasil belajar; Soal Cerita sistem persamaan linear dua variabel

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up