Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPESTAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LINGKARAN DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 18 PALU
Nama: INKA LESTARI
Tahun: 2016
Abstrak
Inka Lestari. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Daerah Lingkaran di Kelas VIIIA SMP Negeri 18 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abd. Hamid dan Pembimbing (II) Evie Awuy. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah lingkaran di SMP Negeri 18 Palu. Hal ini disebabkan antara lain kurangnya ketelitian dalam memahami masalah, kurangnya motivasi siswa untuk belajar sendiri dan juga siswa cenderung hanya menghafal rumus tanpa memahami konsep dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika khususnya pada materi keliling dan luas daerah lingkaran sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dan data hasil belajar siswa. Pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa hasil belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 18 Palu mengalami peningkatan yang ditunjukkan dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 66,66% sedangkan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sebesar 86,36%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan masalah keliling dan luas daerah lingkaran di kelas VIIIA SMP Negeri 18 Palu dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: fase penyajian kelas, fase belajar kelompok, fase membimbing kelompok dalam belajar dan bekerja, fase evaluasi, fase penghargaan kelompok. Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, Keliling dan Luas Daerah ,Lingkaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up