JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu Pada Materi Operasi Himpunan |
Nama: ASNIDAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak Asnidar, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu pada Materi Operasi Himpunan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sutji Rochaminah, Pembimbing (2) Baharuddin Paloloang Fokus masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu khusunya pada materi operasi himpunan. Selain itu, faktor kesiapan, minat dan motivasi siswa dalam belajar dianggap cukup berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga dalam penelitian ini, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu pada materi operasi himpunan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu pada materi operasi himpunan?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu pada materi Operasi Himpunan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan secara kualitatif dan dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu terdapat peningkatan yang signifikan terhadap tes hasil belajar siswa dari tes awal ke tindakan siklus I dan ke tindakan siklus II. Hal ini didukung oleh persentase hasil belajar siswa berdasarkan hasil tes yang dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan hanya 33,3% siswa yang tuntas belajar, setelah pelaksanaan tindakan siklus I meningkat menjadi 68?n 87% pada siklus II, sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu pada materi operasi himpunan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar, Operasi Himpunan |