JudulPENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: AYU APRIANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ayu Apriani, 2025. Pengaruh Pelaksanaan Praktikum Laboratorium Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, pembimbing: (I). Mohammad Jamhari. (II). Moh. Sabran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan praktikum laboratorium terhadap keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eskperimen yang bersifat kuantitaif dengan menggunakan desain kontrabalans. Data kuantitatif berupa hasil pengukuran keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas XM SMA Negeri 5 Palu yang berjumlah 219 siswa. Pengambilan sampel meggunakan teknik purposive sampling, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas XM1 dan XM2. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal post-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan dalam keterampilan proses sains yang diajarkan menggunakan pelaksanaan praktikum dan pembelajaran langsung. Sehingga dapat disimpulan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan praktikum laboratorium terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 5 Palu. Kata Kunci: Praktikum Laboratorium, Keterampilan Proses Sains |