JudulKEANEKARAGAMAN JENIS GULMA DI LAHAN PERSAWAHAN DESA ASTINA KABUPATEN PARIGI MOUTONG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Oleh: ANDREY WIKRA WARDANA A22121121 SKRIPSI Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mendapatkan Gelar Sarjana Pada Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKA |
Nama: ANDREY WIKRA WARDANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Andrey Wikra Wardana, 2025. “ Keanekaragaman Jenis Gulma dilahan Persawahan Desa Astina Kecamatan Parigi Moutong Dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matimatika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing (1) Astija, (2) Aan Febriawan Gulma merupakan tumbuhan yang tumbuh tidak pada tempatnya dan memiliki pengaruh negatif pada proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sehingga kehadirannya tidak dikehendaki oleh manusia. Gulma adalah tumbuhan yang berasal dari spesies liar yang telah lama menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman jenis gulma dilahan persawahan Desa Astina Kecamatan Prigi Moutong dan menjadikan hasil penelitian ini sebagai media pembelajaran Buku saku dalam bentuk Flipbook yang layak digunakan. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kuantitatif dan penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling ,dengan memtukan 3 stasiun pengamatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode plot tunggal. Keanekaragaman jenis gulma dihitung mengunakan indeks Shannon-wiener. Hasil penelitian di temukan 12 jenis tanaman gulma yang berbeda. Keanekaragaman gulma di lahan persawahan Desa Astina Kecamatan Prigi Moutong tergolong sedang dengan nilai indeks keanekaragaman yaitu H’ = 2,31. Ini menunjukan bahwa hasil penelitian sangat layak dijadikan sebagaimedia pembelajaran dengan presentase kelayakan media pembelajaran yaitu 80,95%. Kata Kunci : Keanekaragaman, Gulma, Lahan persawahan, Desa Astina , Media Pembelajaran |