Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR,KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR BIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 PALU
Nama: NUR QADRIAH
Tahun: 2025
Abstrak
NUR QADRIAH,2025. “Hubungan Atara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Biologi Dengan Hasil Belajar Biologi Di SMA Negeri 5 Palu”. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Astija (2) Amalia Buntu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 176 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi nilai. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, korelasi Pearson, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar (r = 0,668), kemandirian belajar (r = 0,747), dan minat belajar (r = 0,732) terhadap hasil belajar biologi siswa (p < 0,05). Secara simultan ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Y = 9,771 + 0,502X? + 0,314X? + 0,357X? dan nilai F hitung = 6,441 dengan R² = 0,656. Artinya, gaya belajar, kemandirian belajar, dan minat belajar memberikan kontribusi sebesar 65,6% terhadap hasil belajar. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar Biologi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up