JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PE?????AN MASALAH BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: POPI UMU AIMAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah biologi siswa di kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Non equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa, terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan 23 siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi, lembar penilaian aktivitas guru dan siswa, serta tes berbentuk soal uraian yang valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan ui prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah biologi siswa. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 91,73, sedangkan kelas kontrol hanya 75,21. Uji t menunjukkan nilai p < 0,05, yang berarti hipotesis alternatif diterima, menandakan bahwa penerapan model PBL berpengaruh positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL efektif dan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah biologi siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII-D SMP Negeri 19 Palu. |