Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 MODEL PALU
Nama: WULANDARI
Tahun: 2025
Abstrak
Wulandari, 2025. Hubungan Intensitas Bermain Game online Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Model Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) I Nengah Kundera (2) Lilies Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan intensitas bermain game online dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 18 Model Palu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini angket. Hasil penelitian ini menunjukan intensitas bermain game online yang diperoleh kategori sedang 65 siswa (61,90%), kategori tinggi 27 siswa (25,71%), dan kategori rendah 13 siswa (12,38%). Jumlah jam yang digunakan dalam sekali bermain diperoleh lebih dari 5 jam sebanyak 32 siswa (55,17%), sampai dengan 3 jam sebanyak 18 siswa (31,03%), dan sampai dengan 1 jam sebanyak 8 siswa (13,79%). Hasil analisis bivariat menunjukan koefisien korelasi (Spearman's rho) sebesar 0,106, ada hubungan positif namun sangat lemah antara intensitas bermain game online dan hasil belajar siswa. Dengan signifikansi sebesar 0,282, karena 0,282>0,05, maka disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas bermain game online dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 18 Model Palu. Kata Kunci: Intensitas; game online; hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up