Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA 1 SMAN 2 SIRENJA PADA PELAJARAN BIOLOGI
Nama: SAFARNI
Tahun: 2025
Abstrak
SAFARNI. 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 1 SMAN 2 Sirenja Pada Pelajaran Biologi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Hj. Gamar B.N Shamdas, M.P (2) Yulia Windarsih, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIA 1 SMAN 2 Sirenja melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes berpikir kritis. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat dari 41,17% menjadi 88,2%, sedangkan daya serap klasikal meningkat dari 64,26% menjadi 80,8%. Aktivitas guru dan siswa juga menunjukkan peningkatan, yang mencerminkan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Selain itu, indikator berpikir kritis seperti kemampuan analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah mengalami perkembangan yang positif. Dengan demikian, penerapan model Project Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, serta mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, kolaboratif, dan kontekstual. Kata Kunci : Project Based Learning; berpikir kritis; pelajaran biologi; PTK

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up