Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIdentifikasi Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Di SMP N 1 Balaesang
Nama: GLORYA STEFANI BR PERANGIN ANGIN
Tahun: 2025
Abstrak
Glorya Stefani Br Perangin Angin, 2025 Identifikasi Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas IX D Di SMP N 1 Balaesang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Imu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I). Lestari M.P Alibasyah (II) Mursito S. Bialangi Kesulitan belajar merupakan kondisi dimana peserta didik tidak dapat belajar secara wajar kareada adanya hambatan. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar dapat disebabkan oleh faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik (internal) dan faktor dari luar peserta didik itu sendiri (eksternal). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA di SMP N 1 Balaesang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP N 1 Balaesang yang berjumlah 117 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-D yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang diisi oleh siswa yang penilaiannya menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa dengan rata-rata persentase total sebesar 53%. Sedangkan faktor eksternal tidak mempengaruhi kesulitan belajar siswa dengan hasil rata-rata persentase total sebesar 70%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya faktor kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP N 1 Balaesang. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Siswa, Mata Pelajaran IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up