Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPARTISIPASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 18 PALU
Nama: JEIN DATUBARINGAN
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Jein Datubaringan, 2025. “Partisipasi Siswa dalam Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 18 Palu” . Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Fatmah Dhafir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 18 Palu. Permasalahan utama yang dikaji adalah bagaimana bentuk-bentuk partisipasi siswa selama pembelajaran IPA yang berperan penting dalam meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan subjek sebanyak 115 siswa yang dipilih secara acak dari kelas VII, VIII, dan XI SMP Negeri 18 Palu. Fokus penelitian adalah pada bentuk-bentuk partisipasi siswa dalam pembelajaran IPA yang meliputi berbagai aktivitas yang menunjukkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi siswa dapat dikelompokkan ke dalam lima aktivitas utama, yaitu frekuensi bertanya, memberikan pendapat, berdiskusi, mengerjakan tugas kelompok, dan presentasi di depan kelas. Aktivitas bertanya meliputi siswa yang aktif mengajukan pertanyaan untuk memperjelas penjelasan guru, bertanya kepada teman saat berdiskusi, serta bertanya setelah pembelajaran selesai untuk memperdalam pemahaman. Aktivitas memberikan pendapat mencakup penyampaian pendapat dalam diskusi, memberikan kritik dan saran secara aktif, serta berbagi pengalaman yang relevan dengan materi IPA. Dalam aktivitas berdiskusi, siswa berpartisipasi secara aktif dalam diskusi kelompok, bekerja sama dengan teman, mencari solusi bersama, dan menghargai pendapat teman diskusi. Aktivitas mengerjakan tugas kelompok meliputi penyelesaian tugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing, membantu teman dalam menyelesaikan tugas, mempersiapkan materi, dan mengikuti arahan kelompok. Terakhir, aktivitas presentasi di depan kelas ditandai dengan kepercayaan diri siswa saat mempresentasikan hasil diskusi kelompok, penggunaan media bantu, kemampuan menjawab pertanyaan dari teman atau guru, menjelaskan materi secara jelas dan runtut, serta menerima masukan untuk perbaikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa partisipasi siswa dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 18 Palu tergolong aktif dan beragam, yang secara positif berkontribusi terhadap proses pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran. Kata kunci: partisipasi siswa, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up