Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM BENTUK MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 6 SIGI
Nama: RAHMA MAGFIRAH
Tahun: 2025
Abstrak
RAHMA MAGFIRAH. 2025.“Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Bentuk Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 6 Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing (I) Dr.Mohammad Jamhari., M.Pd, (II) Rafiqa, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk mind mapping pada siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Sigi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Dalam desain ini, terdapat kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving dan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional (ceramah). Data kuantitatif berupa hasil pengukuran kemampuan pemecahan masalah siswa dikumpulkan melalui tes essay. Data dianalisis menggunakan uji t-test untuk melihat perbedaan signifikan antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving dan siswa yang diajar dengan metode konvensional, dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,001 (p < 0,05) dan nilai Cohen’s d sebesar 0,3973 yang mengindikasikan efek sedang. Menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving memberikan pengaruh positif yang cukup besar terhadap efektivitas pembelajaran, khususnya dalam melatih kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Problem Solving, Pemecahan Masalah, Mind Mapping , Efektivitas pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up