JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 6 SIGI |
Nama: HISKA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Hiska, NIM: A22121034, Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Sigi” Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1. Dr. Mohammad Jamhari, M.Pd, 2. Yulia Windarsi, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Sigi. Jenis penelitian ini dalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi. Kemudian dengan menggunakan Uji Instrumen yang terdiri dari Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Uji Prasyarat yang terdiri dari Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Sigi sebagai kelas Kontrol dan siswa XI IPA 3 SMA Negeri 6 Sigi sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 6 Sigi. Hal ini terlihat dari rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol sebesar 57.71, sedangkan kelas eksperimen mencapai skor 78.40. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan mampu mengajak siswa untuk menggunakan permasalahan yang ada di sekitar kehidupan mereka sebagai konteks belajar, sehingga memberikan pengaruh yang positif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa |