Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas IX C Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Di SMP Negeri 19 Palu
Nama: Nur Azizah R.Karim
Tahun: 2025
Abstrak
Nur Azizah R. Karim, 2025. Implementasi Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas IX C Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Di SMP Negeri 19 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Mohammad Jamhari (II) Bustamin. Observasi di SMP Negeri 19 Palu menunjukkan penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif yang mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa. Model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa melalui tugas proyek untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi, serta bekerja sama dengan teman sekelompok untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan peneliain ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa dengan menerapkan model Project Based Learning pada mata pelajaran IPA Biologi kelas IX C di SMP Negeri 19 Palu. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C berjumlah 28. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPA Biologi mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa. Siklus I menunjukkan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 53?n keterampilan kolaborasi siswa sebesar 59%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 70?n keterampilan kolaborasi siswa sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa yang dilihat dari peningkatan yang telah mencapai 70?ri keseluruhan aspek kemampuan berpikir kreatif dan 75?ri keseluruham aspek keterampilan kolaborasi. Kata Kunci: Project Based Learning, berpikir kreatif, kolaborasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up