Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUNOBOGU
Nama: AMALIA VARTIKA
Tahun: 2025
Abstrak
Amalia Vartika, 2025. "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Bunobogu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Mohammad Jamhari, M.Pd (2) Raya Agni, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. dan kreatif pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bunobogu. Model PBL mengedepankan permasalahan nyata sebagai dasar pembelajaran, yang mendorong siswa untuk menyusun pengetahuan dan mencari solusi inovatif melalui berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian. Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang melibatkan 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas siswa serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Pada siklus pertama, kemampuan berpikir kritis siswa mencapai skor rata-rata 68,2?n kemampuan berpikir kreatif 63,6%. Sedangkan pada siklus kedua, kemampuan berpikir kritis meningkat menjadi 85,2?n kemampuan berpikir kreatif menjadi 81,4%. Hasil ini menunjukkan bahwa model PBL. dapat merangsang keterlibatan siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta kreatif dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini menyarankan agar model PBL terus diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam aspek keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, berpikir kritis, berpikir kreatif, Penelitian Tindakan Kelas, pembelajaran biologi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up