Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MAS Al-Ikhlas Karya Mukti
Nama: NUR ASRINA
Tahun: 2025
Abstrak
Asrina, N. 2025. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MAS AL-Ikhlas Karya Mukti”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (1) Mursito S. Bialangi, (2) Hayyatun Mawaddah. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kesulitan siswa pada mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati di kelas X MAS Al-Ikhlas Karya Mukti dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan tingkat kesulitan siswa pada pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati di kelas X di MAS Al-Ikhlas Karya Mukti dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati di Kelas X MAS Al- Ikhlas Karya Mukti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri atas siswa kelas X berjumlah 40 orang. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah primer, yaitu hasil wawancara dan angket, serta data sekunder berupa dokumen kurikulum seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata tingkat kesulitan belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati mencapai 65%, yang termasuk dalam kategori tinggi. (2) Faktor internal seperti kondisi fisik dan psikologis siswa (70%) dengan kategori tinggi, (3) minat dan motivasi belajar (75%) kategori tinggi, (4) serta kemampuan kognitif (63%) kategori sedang. (4) Faktor eksternal seperti lingkungan belajar di sekolah (69%) kategori tinggi, (5) dukungan keluarga (63%) kategori sedang, (6) pengaruh teman sebaya (61%) kategori kesulitan belajar sedang, (7) dan keterbatasan sumber belajar (54%) kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tingkat kesulitan belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MAS Al-Ikhlas Karya Mukti menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar tinggi yang dipengaruhi oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Siswa, Biologi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up