JudulPengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Menggunakan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Bolano Lambunu |
Nama: SRI MAHARANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dengan menggunakan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa di kelas Vlll SMP Negeri 5 Bolano Lambunu. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Non equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Sampel penelitian ini berjumlah 34 siswa, yang terdiri atas 17 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan menggunakan Mind Mapping dan 17 siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-test dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan menggunakan Mapping terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai posttest mencapai 73,23, sedangkan kelas kontrol hanya 64,70. Uji t menunjukkan nilai p < 0,05, yang berarti penerapan model Project Based Learning dengan menggunakan Mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. (2) analisis N-gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki N-gain score rata-rata 0,65 (65%), yang termasuk dalam kategori cukup efektif, sedangkan kelas kontrol hanya 0,51 (51%), yang menunjukkan kategori kurang efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dengan menggunakan Mind Mapping efektif dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII-B SMPN 5 Bolano Lambunu. |