JudulPengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Media Powtoon Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu |
Nama: NURLAILA WULAN RAHMADANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nurlaila Wulan Rahmadani, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Media Powtoon Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Abdul Ashari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media powtoon terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X SMA Negeri 4 Palu berjumlah 400 siswa yang tersebar pada kelas X dengan mengambil sampel 25?ri keseluruhan yaitu sebanyak 70 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas XE dan XG. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran Learning Cycle 7E dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran konvesional. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan lembar observasi aktivitas belajar siswa, aktivitas psikomotor siswa dan aktivitas afektif siswa pada kelas eksperimen mendapatkan skor 83.54 persentase 81-100% kategori sangat baik sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan skor 77.64 persentase 61-80% kategori baik dan nilai rata-rata hasil belajar yang signifikan pada kelas XE sebagai kelas eksperimen 82.20 dan kelas XG sebagai kelas kontrol 77.34. Selain itu dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (uji-t), diperoleh nilai sig pada kelas X yaitu 0.00 < 0.05. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Powtoon berpengaruh signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Learning Cycle 7E, Media Powtoon, Aktivitas, Hasil Belajar. |