| JudulPengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 4 Palu. |
| Nama: AISYAH |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Aisyah, 2025. “Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 4 Palu ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari, (2) Amalia Buntu. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasy experimental. Populasi pada penelitian ini sebanyak 400 orang dan sampel pada penelitian ini sebanyak 70 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, dan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas XC dan XJ. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan tes berupa Post-test dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independent samplet test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa memiliki nilai rata-rata yang signifikan pada kelas XJ sebagai kelas eksperimen yaitu, 85,66 dan kelas XD sebagai kelas kontrol 77,14. (2) Hasil observasi kreativitas siswa pada kelas eksperimen mendapatkan skor 84,66 persentasi 80-100% kategori sangat kreatif dan pada kelas kontrol memperoleh skor 76,14 persentasi 61- 80% kategori kreatif. (3) Model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 4 Palu. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05. |