JudulHUBUNGAN KEKERABATAN KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGI DI DESA POMBEWE, SULAWESI TENGAH DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN |
Nama: FANDY ARTHA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Fandy Artha, 2025. “Hubungan Kekerabatan Kupu-Kupu (Lepidoptera) Berdasarkan Karakter Morfologi Di Desa Pombewe, Sulawesi Tengah, Serta Memanfaatkannya Sebagai Media Pembelajaran”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (1) Fatmah Dhafir (2) Abdul Ashari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kekerabatan kupu-kupu (Lepidoptera) berdasarkan karakter morfologi di Desa Pombewe, Sulawesi Tengah, serta mengembangkannya sebagai media pembelajaran dalam bentuk poster. Metode penelitian yang digunakan adalah metode jelajah dengan teknik koleksi bebas. Karakter morfologi yang diamati mencakup bentuk antena, warna dan pola sayap, serta ukuran tubuh. Analisis hubungan kekerabatan dilakukan menggunakan metode Unweighted Pair Group Method with Arithmetic Mean (UPGMA) dengan bantuan software Paleontological Statistics (PAST 4.03). Hasil penelitian mengidentifikasi 13 spesies kupu-kupu dari famili Nymphalidae, yaitu Euploea redtenbacheri, Euploea algea, Euploea hewitsonii, Danaus genutia leucoglene, Cyrestis strigata, Danaus genutia genutia, Euploea eunice, Vindula erota, Doleschallia polibete, Acraea terpsicore, Ideopsis juventa, Parantica cleona, dan Cyrestis paulinus. Dendogram hubungan kekerabatan menunjukkan dua klaster utama dengan empat kategori hubungan, yaitu hubungan sangat dekat (Cyrestis strigata dan Cyrestis paulinus, IS=100%), hubungan dekat (Euploea hewitsonii dan Danaus genutia leucoglene, IS=74,07%), hubungan tidak dekat (Cyrestis strigata dan Euploea eunice, IS=32,25%). Presentase akhir skor penilaian sumber belajar dalam bentuk poster sebesar 92,2%, poster mengenai hubungan kekerabatan kupu-kupu (lepidoptera) berdasarkan karakter morfologi tergolong sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Kupu-kupu, hubungan kekerabatan, karakter morfologi, UPGMA, media pembelajaran |