JudulPENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 MOMUNU KABUPATEN BUOL |
Nama: REGINA TRIANA PUTRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Regina Triana Putri, 2024. “Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Momunu Kabupaten Buol”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Amiruddin Kasim (2) Manap Trianto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Momunu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Eksperiment) dengan membentuk dua kelompok subjek penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Groups Design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan instrumen penelitian menggunakan tes tertulis pilihan ganda. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Jenis data dalam penelitian berupa data primer yang didapatkan dari hasil pengisian pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis (Uji t). Data perolehan Posttest rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 80,22 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 74,77. Hasil analisis data penelitian dengan uji t yang berbantuan aplikasi SPSS versi 29 dengan nilai Sig. (two sided p) sebesar 0.034 < 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Momunu. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Problem Solving, Hasil Belajar. |