JudulPengaruh Model Pjbl Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa UPTD SMAN 01 Sarudu |
Nama: ZAHRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Zahra,2024. “Pengaruh Model PJBL dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa di UPTD SMA Negeri 1 Sarudu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Lilies Tangge (2) Abd. Rauf. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran PJBL terhadap hasil belajar siswa di UPTD SMA Negeri 1 Sarudu. Jenis penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas Xa dan Xb, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Tekni pengumpulan data menggunakan soal pretes dan posttest pada pertemuan pertama dan terakhir. Berdasarkan hasil penelitian pengenai pengaruh model pembelajaran PJBL terhadap hasil belajar siswa di UPTD SMA Negeri 1 Sarudu, penelitian dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang di berikan perlakuan model pembelajaran PJBL dan kelas control yang tidak di berikan perlakuan. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji mann-whitney bahwa pada kelas eksperimen di peroleh nilai sebesar 1.174 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 779 dengan nilai signifikan 0,005 artinya hipotesis diterima, kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran PJBL dalam hasil belajar siswa mata pelajaran biologi di UPTD SMA Negeri 1 Sarudu. Kata kunci : PJBL, Hasil belajar, pembelajaran biologi. |