JudulPENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 20 PALU |
Nama: JUMRENI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Jumreni (2024) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 20 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari dan Pembimbing (2) Hayyatun Mawaddah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model PjBL terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 20 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen (quasy experimen), Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Palu pada tahun ajaran 2024/2025 112 yang terdistribusi ke dalam rombongan belajar. Adapun sampel adalah peserta didik pada kelas VIIIA sebanyak 16 sebagai kelas ekperimen dan kelas VIIIB sebanyak 31 sebagai kelas kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik purposif sampling. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas (X1) Model Project Based Learning (PjBL) dan (X2) pembelajaran konvensional serta variabel terikat hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 20 Palu. Jenis data berupa data primer yang bersumber dari tes evaluasi hasil belajar peserta didik dan data sekunder bersumber dari hasil observasi aktifitas guru maupun peserta didik dalam pembelajaran serta data dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri atas soal pilihan ganda data dianalisis dengan teknik kuantitatif menggunakan analisis statistika inferensial beda rata-rata non-parametrik Mann Whitney pada taraf kepercayaan 95% atau ? (0,05) berbantukan aplikasi SPSS for windows 25. Penggunaan uji non?parametrik dilakukan karena tidak terpenuhinya salah satu uji asumsi yaitu data tidak homogen dengan jumlah sampel yang kecil. Hasil analisis data diperoleh nilai probability sig. (2-tailed) 0,004 < ? (0,05), yang menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan adalah menerima Ha dan menolak H0, yang berarti untuk mencari perbedaan rata-rata model Project Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 20 Palu. Hasil teresbut ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata hasil tes evaluasi peserta didik pada posttest, dimana pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dan kelas kontrol. Diperkuat pula oleh hasil observasi aktifitas guru dalam pembelajaran, dimana pada kelas eksperimen diperoleh skor 81-100?ngan kategori (Sangat Baik), sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor sebesar 61-80% pada kategori (Baik). Demikian pula pada hasil observasi aktifitas peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh skor sebesar 81-100?ngan kategori (Sangat Baik) dan kelas diperoleh skor kontrol sebesar 61-80% pada kategori (Baik). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model PjBL memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 20 Palu Kata Kunci: PjBL, Hasil Belajar, Mata Pelaj |