| JudulPENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI-MIPA SMA NEGERI 2 PALU |
| Nama: MUTIARA D |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Mutiara, 2025. “Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI-MIPA SMA Negeri 2 Palu” Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Tadulako, Pemebimbing (1) Drs. Lilies, M.P (2) Rafiqa, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI-MIPA SMA Negeri 2 Palu. Jenis penelitian adalah penelitian ex post facto yang bersifat korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian sebanyak 288 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar siswa, angket kecerdasan emosional dan motivasi belajar. Hasil uji angket dinyatakan valid dan reliabel. Analis data hasil angket dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan kedua variabel (kecerdasan emosional dan motivasi belajar) berpengaruh postif dan signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI-MIPA SMA Negeri 2 Palu. Hal ini dapat dibuktiknan dengan hasil uji t pada variabel kecerdasan emosional sebesar 17,514 > ttabel 1,997 dan variabel motivasi belajar atau sebesar 5,721 > ttabel 1,997 dan hasil uji F (simultan) dihasilkan nilai Fhitung sebesar 543,62 > Ftabel 3,15. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XIMIPA SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, motivasi belajar, hasil belajar |