Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Palasa
Nama: YONATHAN RADJA
Tahun: 2024
Abstrak
Yonathan Radja, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VIII SMP Negeri 1 Palasa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing (1) Lilies (2) Yulia Windarsih. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Palasa. Jenis penelitian ini yaitu quasy-experiment dengan desain pre-test and post- test with non-equivalent control-group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (n=20) dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol (n=20) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik uji-t independent sampel t-test dengan uji prasyarat: uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis dengan analisis statistik uji t independent sampel t-test diperoleh Sig. 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up