Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VIII B DI SMPNEGERI 2 SIRENJA
Nama: NUR AKSANI
Tahun: 2024
Abstrak
Nur Aksani, 2024. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Turnamen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C Di SMP Negeri 2 Sirenja. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I). Astija (II). Vita Indri Febriani. Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII B di SMP Negeri 2 Sirenja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMP Negeri 2 Sirenja. Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajan IPA biologi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif team game tournament (TGT) di kelas VIII B SMP Negeri 2 Sirenja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi yang diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas pembelajaran. Selain itu, data kuantitatif yaitu data mengenai hasil belajar yang diperoleh dari tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa berupa daya serap individu mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang tuntas bertambah 4 orang, daya serap klasikal diperoleh peningkatan dari siklus I ke II sebesar 14,3%, serta untuk ketuntasan belajar klasikal diperoleh peningkatan sebesar 19,1 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran team game turnamen (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C di SMP Negeri 2 Sirenja.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up