JudulPengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII MIPA SMAN 5 Model Palu Pada Mata Pelajaran Biologi |
Nama: DINDA APRILYA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Dinda Aprilya, 2024. “Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII MIPA SMAN 5 Model Palu pada Mata Pelajaran Biologi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : (I) Masrianih, (II) Manap Trianto. Gawai adalah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus untuk mengunduh informasi terbaru. Penggunaan gawai tidak hanya terbatas pada aspek hiburan, tetapi juga telah merambah ke dalam dunia pendidikan, khususnya di kalangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan gawai terhadap hasil belajar siswa kelas XII MIPA SMAN 5 Model Palu pada mata pelajaran Biologi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA SMAN 5 Model Palu sebanyak 55 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji regresi linear sederhana dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh positif penggunaan gawai terhadap hasil belajar siswa di SMAN 5 Model Palu. Melalui pengujian hipotesis dengan uji F diperoleh f-tabel sebesar 4,02 sehingga f-hitung = 28,238 > f-tabel = 4,02 yang berarti berpengaruh secara signifikan. Kata Kunci : Penggunaan Gawai, Siswa, Hasil Belajar Biologi. |