JudulPengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 1 Pasangkayu |
Nama: HIKMA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Hikma, 2024. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 1 Pasangkayu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : (1) Lilies dan (2) Vita Indri Febriani. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar yang dimiliki siswa pada pembelajaran IPA di SMPN 1 Pasangkayu dan menentukan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa di SMPN 1 Pasangkayu. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SMPN 1 Pasangkayu yang berjumlah 527 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar dan dokumentasi. Sebelum digunakan angket divalidasi dan diuji reliabilitas, uji hipotesis menggunakan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual yakni sebanyak 51 siswa atau 38,6%, siswa yang memiliki gaya belajar auditori sebanyak 53 siswa atau 40,2%, siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik sebanyak 28 siswa atau 21,2%. Hasil uji hipotesis adalah gaya belajar secara signifikan tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Pasangkayu pada mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis (uji Anova) didapatkan nilai Sig sebesar 0,638 > 0,05 yang berarti bahwa H0 diterima. Kata kunci : Gaya belajar, Hasil Belajar, SMPN 1 Pasangkayu |