JudulPENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: YUNIARTIN TIRSA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Yuniartin Tirsa, 2024. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di kelas VIII di SMP Negeri 15 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Alam. Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Bustamin (II) Amalia Buntu. Keterampilan mengajar guru merupakan kemampuan dasar yang melekat dan harus dimiliki oleh seorang guru. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Pengambilan jumlah sampel 50 dari 5 kelas populasi sehingga data penelitian digunakan menggunakan angket sebagai metode utama, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus SPSS Statistical Package For Social Sciences) Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Keterampilan mengajar guru (x) termasuk dalam kategori sedang (56,7%). Besarnya korelasi dengan variabel hasil belajar siswa adalah sebesar 32,2?n sisanya yakni 67,8%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan megajar guru terhadap mata pelajaran IPA memberikan pengaruh bahwa apabila ingin meningkatkan hasil belajar siswa, maka keterampilan mengajar guru perlu diperhatikan. Kata Kunci:Keterampilan Mengajar Guru, Mata Pelajaran IPA, Hasil Belajar. |