JudulPenggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Berbantu Aplikasi Assemblr Pada Materi Ekologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palu |
Nama: NURAENY.N |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nuraeny, N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Berbantu Aplikasi Assemblr Pada Materi Ekologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pen getahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing I Mursito S. Bialangi, Pembimbing II Moh Sabran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Media pembelajaran yang digunakan berbasis Augmented Reality berbantu aplikasi Assemblr pada materi ekologi kelas VII K SMP Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu pada desain Kemmis & Mc Taggart yang terbagi menjadi 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII K SMP Negeri 3 Palu yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar observasi, dan wawancara dengan siswa. Penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan pada minat belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality berbantu aplikasi Assemblr. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 72%, dan mengalami peningkatan pada siklus 2 mencapai 84%. Hasil observasi aktivitas minat belajar siswa siklus 1 sebesar 70?n mengalami peningkatan pada siklus 2 mencapai 84%, dan tingkat pencapaian minat belajar siswa pra siklus sebesar 56,5?rkategori rendah, mengalami peningkatan pada pada siklus 1 mencapai 62,5?rkategori rendah kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus 2 mencapai 79?ngan kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media Augmented Reality berbantu aplikasi Assemblr dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi ekologi di kelas VII K SMP Negeri 3 Palu. Kata Kunci: Minat Belajar, Augmented Reality, Assemblr. |