JudulPERSEPSI GURU IPA SMP KECAMATAN DAMPAL SELATAN TENTANG KURIKULUM MERDEKA |
Nama: EVIYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Eviyani, 2024. Persepsi Guru IPA SMP Kec.Dampal Selatan Tentang Kurikulum Merdeka. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, pembimbing: (I). Gamar Binti Non Samdas (II). Mohammad Jamhari. Kurikulum merdeka adalah kurikulum pendidikan terbaru yang diterapkan di Indonesia dalam rangka memeperbaiki pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru IPA SMP Kec. Dampal Selatan tentang Kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini di lakukan di Kec. Dampal Selatan pada bulan Desember - Januari 2024 dan objek penelitian ini adalah guru IPA SMP. Instrumen penelitian menggunakan angket dan wawancara serta teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi guru IPA SMP Kec. Dampal Selatan tentang kurikulum merdeka secara keseluruhan berada pada kategori dengan perolehan indikator penyerapan terhadap rangsangan atau objek dari luar individu memiliki persentase 67,3%, indikator pengertian atau pemahaman memiliki persentase 67,5%, indikator penilaian dan evaluasi memiliki persentase 72,7%. Hal ini menunjukkan bahwa guru telah memiliki pemahaman tentang konsep, tujuan, dan implementasi kurikulum merdeka. Dengan pemahamannya ini, para guru dapat dengan efektif menerapkan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di SMP Kec. Dampal Selatan. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Persepsi, Guru IPA |