JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PALU |
Nama: AHMAD FARHAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang tersebar di 11 kelas di SMP Negeri 3 Palu. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII J sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, soal pre-test dan post-test hasil belajar kognitif serta lembar pengamatan afektif dan psikomotor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah modul ajar dan lembar kerja siswa. Analisis data menggunakan analisis independent sample t test dengan bantuan aplikasi SPSS windows versi 24. Hasil uji hipotesis pada masing-masing hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor) memperoleh nilai sig. (2tailed) lebih kecil dari 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) siswa dalam pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 3 Palu. |