JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dondo Pada Mata Pelajaran Biologi |
Nama: WINANDA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA NEGERI 1 DONDO Pada Mata Pelajaran Biologi dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA negeri 1 Dondo tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat membantu dalam proses pembelajaran siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh ketuntasan belajar klasikal 37,5% lalu pada siklus 1 pertemuan 2 nilai persentase ketuntasan belajar klasikal adalah 72%. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 meningkat menjadi 81,25?n siklus 2 pertemuan 2 nilainya 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar. |