JudulPenerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Matamaling |
Nama: ALMI SIDAE |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Almi Sidae (2025) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Matamaling. Skripsi, program studi pendidikan biologi, jurusan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas tadulako, pembimbing (1) Mursito S. Bialangi, (2) Fatmah Dhafir. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Matamaling, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Matamaling. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase pada hasil pra tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai nilai rata-rata 45,83 dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai persentase 16,7%. Selanjutnya setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada siklus I mencapai persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 33,3?n mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 100?ngan kategori sangat baik. Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar IPA |