JudulPengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu |
Nama: NUR WAFIQ AZIZAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nur Wafiq Azizah, 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Lilies (2) Samsurizal M. Suleman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif-asosiatif. Bertempat di SMPN 15 Palu, pada bulan april. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 125, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik sensus sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar angket, yang akan diberikan kepada para peserta didik tentang media sosial dan angket mengenai kemampuan literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya terdapat pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan media sosial terhadap kemampuan literasi sains siswa. Bersasarkan analisis data yang dilakukan pada uji regresi berganda dapat dilihat bahwa nilai signifikansi pada uji anova didapatkan 0.000 < 0> ftabel sehingga ditarik kesimpulan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Kata kunci: Pengaruh, Media Sosial, Whatsapp, Instagram, TikTok, Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. |